Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Ternak Entok Agar Cepat Besar

Cara ternak entok agar cepat besar yang pertama adalah kita harus mempersiapkan tempat tinggal atau kandang entok dengan baik. Dalam mempersiapkan kandang untuk ternak entok, kita dapat membuatnya sendiri atau dapat juga membelinya, kalau tidak mau repot-repot membikinnya.

Selanjutnya tentukanlah lokasinya untuk membuat kandang ternak entok. Besar atau kecilnya sebuah tempat usaha peternakan tetap membutuhkan lokasi untuk berdiri. Lokasi yang paling bagus untuk kandang ternak entok ini adalah tempat yang cukup dekat dengan rumah kita, seperti di pekarangan belakang rumah atau pinggiran rumah untuk usaha ternak entok skala kecil, yaitu dengan memanfaatkan lahan kosong disekitar rumah untuk kandang ernak entok ini.

Dimaksudkan supaya perkembangannya dapat kita kontrol setiap waktu, peternakan entok sebaiknya dijauhkan dari lokasi yang ramai agar ternak entok dapat tenang menjalani hidupnya. Jangan sekali – kali untuk membuat lokasi kandang ternak entok dekat sekali dengan jalan atau tempat lalu lalang. Hal tersebut dapat membuat ternak entok kita menjadi stres dan lingkungan sekitar kandang juga harus beriklim yang sangat mendukung untuk produktifitas ternak entok – entok kita.

Tapi kalu kita akan memulai usaha ternak entok dalam skala yang besar, dapat membuat kandang ternak bebek serati ini yang jauh dari pemukiman, karena dikhawatirkan bau ternak uanggas air ini dapat akan sangat mengganggu orang – orang dan masyarakat sekitar.

Buatlah kandang ternak entok yang tinggi atau panggung, dan dapat juga dibuat dengan memakai jaring ikan yang kemudian dikombinasikan dengan bambu kering. Maksudnya dengan kandang yang tinggi itu ternak entok tidak dapat kabur dengan cara terbang keluar kandang yang disediakan. Usahakan juga agar kandang ternak entok tetap terjaga kebersihannya setiap hari.

Kandang ternak Entok ini merupakan tempat untuk hewan air ini beristirahat dan juga berlindung pada malam hari, juga sebagai tempat untuk dapat bertelur. Sebuah Kandang ternak entok yang bagus bukan sekedar tempat berteduh namun menjadi sebuah tempat untuk meningkatkan produktifitas ternak entok sebagai peliharaan kita.

Pakan Ternak Entok merupakan kebutuhan yang terpenting bagi ternak atau usaha peternaan entok. Makanan ternak entok berkualitas akan sangat diperlukan agar hewan ini dapat tumbuh secara naksimal dan optimal. Setiap memberikan pakan juga perlu diberikan banyak nutrisi dan juga berupa gizi  atau vitamin agar menghasilkan ternak entok yang berkualitas bagus. Kita harus dapat memperhatikan jatah makanan untuk konsumsi anakan dan indukan ternak entok kita. Hal ini bermaksud agar kita sebagai peternak tidak salah dalam takaran untuk setiap pemberian jatah pakan ternak entok.

Pakan Anakan Entok Umur 0 sd 14 Hari

Pakan ternak entok pada tahap awal yaitu umur 0-14 hari harus cukup mengandung nutrisi dan protein yang paling sesuai dengan porsi makan anakan ternak entok ini, sehingga dapat mempercepat pertumbuhan badan dan bulunya, juga pada sistem kekebalan tubuh dan saluran pencernaan agar lebih sehat. Anakan ternak entok ini membutuhkan asupan bernutrisi tinggi seperti kandungan protein, energi, kalsium, fosfor, dan juga vitamin yang cukup. Makanan ternak entok seperti itu akan dengan mudah didapat pada jenis pakan ternak konsentrat startet  atau pelet. Jadi pemberian pakan konsentrat starter adalah jenis makanan yang paling terbaik untuk anak ternak entok pada usia 0 s/d 14 hari.

Pakan ternak untuk Anak Entok Umur 15-35 Hari

Ternak Entok yang umurnya sudah mencapai antara 15-35 dalam kebutuhan pakan lebih sedikit menurun jika dibandingkan saat berumur 1-14 hari. Pada tahap pertumbuhan ini anakan entok lebih banyak membutuhkan makanan ber energi, hal ini bermaksud agar pertumbuhan bobot anak entok berjalan cepat. Kita dapat memberikan pakan ternak entok ini berupa pakan konsentrat babi yang dapat dicampur dengan dedak padi atau jagung.

Pakan Anak Entok Umur 36-40 Hari

Ternak Entok yang berumur 36-60 hari, cenderung lebih membutuhkan vitamin dan mineral dengan jumlah yang banyak karena untuk menjaga kesehatan dan rangka ternak entok tumbuh baik. Biasanya pada umur ini kita dapat mengkombinasikannya sendiri jenis pakan yang mau diberikan untuk konsumsi ternak entok. contohnya terdiri dari  ikan sisa atau runcah, keong mas digiling, sisa ampas tahu, dedak padi, nasi bekas aking dll.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s